Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Masker Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Masker Alami - Flek hitam atau noda hitam merupakan salah satu masalah kulit yang sering kali diderita oleh kaum wanita, Noda hitam atau merah yang ada diwajah ini sering kali membuat jengkel karena untuk menghilangkannya membutuhkan waktu lama dan kesabaran. Flek hitam karena bekas jerawat mungkin bisa hilang dengan sendirinya 1-5 bulan, namun bagi perempuan paruh baya flek hitam untuk bisa hilang mungkin akan membutuhkan waktu 6 bulan lebih karena produksi kolagen dan keelastisan kulit sudah mulai melemah.

Menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami merupakan salah satu pilihan yang tepat, selain tidak menimbulkan efek negatif masker alami juga lebih hemat biaya.

Penyebab Flek Hitam Di Wajah
Secara garis besar berikut adalah 6 penyebab utama timbulnya flek hitam pada kulit wajah:
1. Post Inflammatory Hyperpigmentation
Hiperpigmentasi yang terjadi pasca inflamasi terjadi akibat produksi melanin yang disebabkan karena proses inflamasi atau peradangan. Inflamasi terjadi bila kulit mengalami trauma pada bagian dermal atau epidermal yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti jerawat, dermatitis, luka, infeksi hingga reaksi alergi.

2. Flek/Solar Lentigo
Solar lentigo, atau dikenal dengan age spot / liver spot ini adalah jenis hiperpigmentasi yang diasosiasikan dengan penuaan dan kemampuan kulit yang berkurang untuk mengatasi kerusakan yang ditimbulkan akibat paparan sinar matahari. Pada umumnya, solar lentigo terjadi pada wanita yang berusia 40-an.

3. Freckles/Lentigos
Freckles adalah kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi dan dapat diperparah oleh paparan sinar matahari. Freckles pada umumnya terjadi pada wanita berkulit putih dan dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun beberapa pria menganggap wanita yang memiliki freckles menarik, namun wanita tetap cenderung ingin memiliki kulit mulus dan berusaha menghilangkannya.

4. Kosmetik
Kesalahan pemakaian kosmetik dapat membuat noda hitam di wajah. Misalnya saja pemakaian krim pemutih kulit yang berbahaya, tanpa adanya filter di kulit dan kulit yang semakin 'tipis', maka efek buruk sinar matahari akan membuat kulit makin cepat mendapatkan flek hitam. Maka berhati-hatilah dalam memilih kosmetik.

5. Melasma
Melasma umumnya terjadi pada wanita yang sedang mengandung, menggunakan pil kontrasepsi, atau sedang menjalani terapi hormon. Melasma terjadi akibat aktivasi melanocytes berlebih akibat hormon estrogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin bisa kulit terpapar sinar matahari. Biasanya melasma terdapat pada pipi, hidung, bibir, dan dahi.

6. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan
Jika kamu sering lupa atau jarang memberi perlindungan pada kulit, maka kulitmu akan terkena paparan sinar matahari yang tak aman, termasuk di dalamnya ada sinar UV A dan UV B yang dapat menyebabkan kemunculan flek hitam. Meskipun usiamu masih muda tapi kalau jarang memberi perlindungan pada kulit wajah, flek-flek hitam bisa muncul kapan saja.

Cara Membuat Masker Alami Untuk Atasi Flek Hitam
Masker alami bisa kalian buat hanya dari satu bahan atau dari beberapa bahan alami tergantung ketersediaan bahan yang ada disekitar kalian:
1. Kentang
Tidak hanya sebagai bahan makanan, kentang juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kamu dapat memanfaatkan kentang sebagai bahan masker yaitu dengan cara kupas kentang lalu haluskan. Tambahkan madu, lalu oleskan pada wajah. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Susu Segar
Anda juga dapat mengoleskan susu pada kulit bernoda di wajah Anda lalu biarkan sedikit mengering atau 8 hingga 10 menit kemudian dibasuh dengan air hangat hingga bersih. Penggunaan susu ini dapat Anda lakukan dua kali sehari dalam kurun waktu 6 minggu lalu lihat hasilnya.

Selain untuk memutihkan wajah, susu juga dapat menyamarkan noda dan flek hitam pada kulit wajah Anda.

3. Oats
Tidak hanya baik untuk kesehatan, oats juga baik untuk perawatan kulit wajah. Kamu dapat memanfaatkan oat sebagai masker wajah. Kamu dapat mengaplikasikan masker oat kamu pada wajah dan leher untuk menghilangkan bintik hitam dan menghilangkan sel kulit wajah yang mati.

Ambil setengah cangkir oat. Masukkan tiga sendok teh air lemon lalu aduk hingga menyerupai pasta. Oleskan pada kulit wajah dan gosok dengan pelan. Biarkan beberapa menit. Setelah kering, basuh dengan air hangat lalu bersihkan. Gunakan handuk yang bersih, agar terhindar dari kuman yang berbahaya. Lakukan perawatan ini dua minggu sekali, untuk mendapatkan hasil yang baik.

4. Teh Hijau
Kandungan antioksidan pada ekstrak green tea juga mampu menghilangkan noda dan flek hitam bekas jerawat maupun akibat radiasi sinar UV. Dengan menggunakannya pada kulit wajah yang terdapat noda hitam, ekstrak green tea ini juga dapat menguatkan kolagen kulit sehingga kulit wajah Anda dapat beregenerasi kembali.

5. Lemon
Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu kulit wajah kamu lebih bercahaya. Lemon mudah di dapat untuk membuat ramuan ini. Ambil satu buah lemon, peras dan ambil airnya. Oleskan pada bagian wajah yang bermasalah. Diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang baik lakukan dua minggu sekali. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebelum mengoleskan lemon pada wajah campur dengan air mawar atau madu. Hal ini untuk mengurangi pedih pada kulit wajah karena iritasi.

6. Castrol Oil
Pada penggunaan castrol oil, Anda dapat mengoleskannya pada kulit wajah yang terdapat noda atau flek hitam lalu dipijat lembut. Castrol oil ini dapat mengikis sel kulit mati pada wajah Anda secara lembut.

7. Lada Hitam
ada hitam mampu mengusir lada hitam yang mengganggu di wajah Anda. Selain itu, lada hitam juga mengandung anti bakteri dan anti peradangan yang baik untuk mengatasi masalah jerawat, flek hitam, noda hitam, serta bintik hitam.

Untuk membuatnya, siapkan terlebih dulu lada hitam secukupnya dan 1 sendok teh yogurt. Pertama, tumbuk biji lada hitam tersebut hingga berukuran lebih kecil tapi tidak halus.

Setelah itu, campurkan lada hitam tersebut dengan yogurt dan aduk hingga merata. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker. Kemudian, oleskan masker di wajah serta pijat lembut selama 2 – 3 menit dan jangan biarkan terlalu lama sebab lada hitam dapat membuat wajah perih.

8. Tomat
Bukan hanya sebagai bahan masakan, tomat bisa digunakan untuk mencegah jerawat, dan memudarkan noda hitam diwajah karena pada tomat terdapat vitamin C tinggi dan lycopene yang dapat mencerahkan kulit selain itu tomat juga bisa mengencangkan kulit kita! Kamu cukup menghancurkan tomat menggunakan blender. Tapi ingat jangan sampai halus. Kemudian aplikasikan pada wajah kamu dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

0 Response to " Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Masker Alami "

Posting Komentar