Menghilangkan Flek Hitam Dengan Scrub Alami

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Scrub Alami - Salah satu cara untuk memudarkan dan menghilangkan flek hitam diwajah adalah dengan menggunakan scrub wajah, scrub wajah biasanya berupa produk yang terdapat butiran lembut sampai kasar yang berfungsi mengangkat kotoran dan sel kulit mati, namun anda juga bisa membuat scrub wajah dari bahan-bahan alami seperti garam dan gula. Penggunaan scrub biasanya 1-2 kali dalam seminggu karena jika digunakan terlalu sering dikawatirkan akan membuat kulit menjadi semakin tipis.
Apa Itu Scrub Dan Manfaatnya Untuk Kulit
Seperti dikutip dari situs femina.com, fungsi utama dari melakukan scrubbing adalah untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati, memudarkan flek dan noda hitam, mengangkat komedo dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, sekaligus membukanya sehingga pada akhirnya kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti lotion, pelembap, body butter, atau lainnya. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus dan terhindar dari jerawat.

Sebenarnya, secara alami kulit akan beregenerasi dengan sendirinya dengan membutuhkan waktu selama 14 sampai 21 hari. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, ditambah gaya hidup yang tak bersahabat bagi kulit sehat, seperti: terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi minuman alkohol, merokok, hidup dilingkungan yang berpolusi tinggi dan sering lembur atau begadang, membuat regenerasi sel kulit menjadi tidak optimal. Bila ini terus dibiarkan, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati. Nah, di sinilah kulit membutuhkan ‘bantuan’ lewat scrub.

Cara Membuat Scrub Dari Bahan Alami
Perawatan di rumah yang bisa Anda lakukan untuk memudarkan flek hitam adalah dengan rajin menscrub wajah. Lakukanlah perawatan ini dua kali seminggu untuk memberikan hasil terbaik. Berikut ini beberapa resep cara membuat scrub alami yang bisa kalian praktekkan:
1. Scrub teh hijau dan madu
Teh hijau tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Green tea kaya akan antioksidan yang membantu memelihara serta melindungi kulit Anda. Selain itu, teh hijau mengandung zat anti inflamasi sehingga menjadi pilihan tepat bagi kulit sensitif dan berjerawat. Carilah produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau, atau menambahkan teh hijau kecil ke dalam salah satu resep scrub kulit. Kebanyakan orang membuat scrub teh hijau dengan ditambahkan madu alami.

2. Scrub garam laut dan putih telur
Putih telur adalah agen pemutih alami dan juga membantu menyingkirkan kotoran dari pori-pori kulit Anda. Selain itu, dapat membersihkan kulit Anda dari setiap noda atau bekas jerawat. Garam laut bermanfaat sebagai agen pengelupasan dan membuat kulit Anda lebih kencang. Namun, jangan lupa mencuci setelahnya dengan menggunakan sabun yang melembapkan.

3. Scrub kacang kenari
Kenari yang dicampur dengan yogurt bisa dijadikan scrub alami pengangkat kulit yang rusak. Kacang kenari bertugas mengelupaskan sel kulit mati, sedangkan yogurt berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur, yang akan membuat kulit tampak lebih segar. Yogurt juga bisa menghilangkan kulit keriput. Cara membuat: Tumbuk ¼ cangkir kenari, lalu campurkan yogurt. Oleskan ramuan tersebut ke kulit Anda sambil memberikan pijatan yang lembut. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

4. Scrub susu bubuk dan kayu manis
Tidak banyak yang menyadari bahwa kayu manis memiliki manfaat untuk kulit, yang mengandung antioksidan dalam mencegah penuaan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.
Sedangkan susu bubuk dapat membersihkan kulit Anda dari kotoran dan membuat kulit Anda bersinar dan sempurna. Anda juga dapat menambahkan sedikit air mawar atau perasan jeruk nipis ke dalam pasta ini untuk menambahkan aroma.

5. Scrub garam dan minyak zaitun
Garam ternyata mampu memberikan khasiat yang bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Tubuh Anda akan lebih segar bila memakai scrub yang mengandung garam. Kandungan garam bisa memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, meratakan warna kulit dan menghaluskan kulit.

Cara Membuat: Campurkan satu sendok teh garam laut dan 2 sendok makan minyak zaitun. Jika ada tambahkan 5 tetes minyak esensial (misalnya, minyak aprikot). Minyak aprikot dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit tanpa meninggalkan minyak pada kulit. Sebagai minyak esensial, biji aprikot ini juga memiliki efek positif bagi kulit yang kusam.

6. Scrub kelopak mawar, madu, dan gandum
Untuk menjaga kelembapan kulit secara maksimal, Anda dapat menggunakan pasta yang terbuat dari kelopak mawar, madu dan gandum. Kelopak mawar dapat mengurangi kulit kusam dan menutrisi kulit, madu menutrisi dan membuatnya bersinar, sedangkan gandum berfungsi mengelupaskan sel-sel kulit mati. Anda juga dapat menambahkan sedikit susu yang dicampurkan pada pasta untuk mendapatkan hasil maksimal. Gunakan scrub ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mempercantik kulit Anda.

7. Scrub gandum, madu, dan sari apel
Selain diet, gandum juga bagus dikonsumsi sebagai bahan scrub alami. Bahan ini baik untuk jenis kulit yang sensitif. Jika Anda repot membuatnya di rumah, bisa cari di toko terdekat bahan scrub yang mengandung gandum.

Cara membuat: Campurkan 3 sendok teh gandum mentah, 1 sendok teh madu, dan ¼ sendok teh sari apel, ke dalam sebuah mangkuk. Oleskan bahan ke wajah dengan gerakan memutar. Memang sedikit terasa lengket, tapi ini baik saat meng-scrub. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

8. Scrub kunyit dan gula
Buatlah pasta tebal dengan mencapurkan 1 sendok makan kunyit (bubuk kunyit atau kunyit yang telah diparut) dengan 2-3 sendok makan gula pasir. Anda juga bisa menambahkan susu atau air mawar untuk hasil yang maksimal. Gunakan campuran ini untuk scrubbing. Kunyit bermanfaat mencerahkan kulit, sedangkan butiran gula akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati.

9. Scrub gula, minyak zaitun, dan lidah buaya
Gula pasir merupakan bahan utama scrub yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta menjadikan kulit tampak bercahaya. Carilah scrub alami di toko yang terbuat dari gula atau membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat: Campurkan 1 sendok makan gula dengan minyak zaitun. Kemudian, tambahkan gel lidah buaya, madu, atau perasan jeruk nipis supaya kulit menjadi lembut. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan scrub ke telapak tangan, lalu oleskan ke permukaan wajah dengan pijatan lembut melingkar. Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Anda bisa gunakan bahan ini untuk scrub wajah dan tubuh. baca lainnya: Masker Madu Untuk Menghilangkan Flek Hitam Di Kulit Wajah.

0 Response to " Menghilangkan Flek Hitam Dengan Scrub Alami "

Posting Komentar