Kelebihan Dan Efek Samping Menghilangkan Flek Hitam Dengan Laser

Kelebihan Dan Efek Samping Menghilangkan Flek Hitam Dengan Laser - Menghilangkan flek hitam di kulit wajah bukanlah masalah yang sulit, ada cara yang lambat dan ada juga cara yang cepat, hal ini tergantung kondisi keuangan kita. Untuk cara yang paling cepat perawatan dengan menggunakan sinar laser lah yang dapat memeberi hasil instan, walaupun masih banyak orang yang ragu dengan terapi laser karena takut akan efek negatif yang akan ditimbulkan oleh perawatan ini. Namun jangan kawatir jika anda melakukan perawatan laser di klinik kecantikan dengan didampingi dokter ahli maka efek samping yang ditimbulkan akan dapat diminimalisir semaksimal mungin.
A. Tentang Terapi Laser
Bagaimana sih cara kerja terapi sinar lase itu?, cara kerja sinar laser adalah dengan cara membuat luka atau peradangan di dalam dan dipermukaan kulit akibat panas yang dihasilkan dari sinar laser. Peradangan ini diperlukan untuk merangsang keluarnya asam aminopeptide yang akan memberi sinyal pada sel-sel kulit untuk melakukan regenerasi. Sehingga kulit yang telah terangsang akan lebih banyak memproduksi kolagen sehingga kulit akan melakukan peremajaan dan pada akhirnya kulit terlihat kencang serta masalah kulit lainnya seperti jerawat, bekas luka, flek hitam akan menghilang.

Menurut jenisnya, terapi sinar laser secara umum dibagi menjadi dua, yakni laser ablatif dan non ablatif. Teknik laser ablatif merupakan jenis laser yang menimbulkan luka di luar atau bertindak seperti pengelupasan kulit bagian atas. Laser ini menggunakan panjang gelombang 532 nm, dan 1064 nm. Teknik ablatif cukup dilakukan satu kali dalam sebulan. Laser ablatif membutuhkan waktu tiga bulan untuk pemulihan namun hasilnya lebih bagus dan biayanya lebih murah.

Sayangnya waktu untuk proses pemulihan yang lama sekitar satu bulan dan efek kemerahan di wajah membuat laser ablatif kurang begitu banyak disukai. Pasien lebih menyukai laser non ablatif yang memanfaatkan panas untuk merangsang pertumbuhan kolagen. Lukanya yang ditimbulkan kurang begitu dalam namun tetap ada efek kemerahan sedikit yang ditimbulkan. Hasilnya tidak sebagus yang ablatif,. Teknik non ablatif biasanya dilakukan selama 30 menit perlu dilakukan paling tidak lima kali dalam sebulan.

B. Kelebihan Terapi Laser
Dengan melakukan terapi laser selain dapat menghilangkan pigmentasi pada kulit, terapi laser juga bisa dimanfaatkan untuk pengencangan kulit wajah, menghilangkan bulu, pemancungan hidung, pengencangan kulit tubuh, pelangsingan, mengatasi jerawat, atau pelebaran mata. Namun, menurut Kusmasrinah Bramono, dokter spesialis kulit dari Jakarta Skin Centre, terapi laser untuk mengurangi keriput dan jerawat lah yang paling banyak dipilih oleh kaum wanita.

Kebanyakan konsumen memilih terapi laser karena alasan lebih cepat mendapatkan hasil yang diinginkan, selain juga karena tanpa efek samping. Menurut Rin, bila dibandingkan dengan menggunakan obat topikal (krim atau gel oles) atau dermabrasi dan peeling, terapi laser memang lebih efektif untuk menghilangkan flek hitam.

C. Efek Samping Terapi Laser
Secara umum efek samping yang dapat ditimbulkan dari penembakan sinar laser dan dermaroller adalah akan terjadinya peradangan pada kulit sehingga kulit wajah menjadi kemerahan, bengkak, dan perih saat disentuh maupun terkena air. Kondisi ini umumnya berlangsung selama sekitar 5-7 hari dan merupakan hal yang sangat normal. Untuk meredakan peradangan dan efek negatif lainnya yang ditimbulkan oleh terapi laser dokter umumnya akan meresepkan krim kortikosteroid selama 3 hari pertama. Pada tahap ini kulit sensitif terhadap segala jenis trauma, sehingga dianjurkan untuk:

1. Gunakan topi atau payung untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.
2. Oleskan tabir surya dengan SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan.
3. Selain itu efek samping lain yang dapat timbul adalah hiperpigmentasi kulit (akibat paparan sinar matahari atau panas), timbulnya infeksi, luka memar, kondisi medis yang lainnya seperti Rosacea, dan sebagainya.
4. Tidak melakukan tindakan seperti menggosok atau mengelupas kulit wajah.
5. Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut.
6. Hindari wajah dari paparan panas (air panas, uap panas saat memasak, sinar matahari dan sebagainya)  Namun dengan prosedur, teknik, dan penanganan yang baik serta saran dari dokter, umumnya efek samping ini dapat dihindari dan diatasi dengan baik. Baca lainnya: Hilangkan Flek Hitam Membandel Dengan Masker Kunyit.

1 Response to " Kelebihan Dan Efek Samping Menghilangkan Flek Hitam Dengan Laser "